selamat datang di blog ini gohardline.blogspot.com "explore your self" mencoba menggali potensi diri anda melalui blog ini selamat menikmati semoga bermanfaat. [di support dari beberapa blog yang ada]....contact me : 085723036693

Tentang Blog ini

Ada banyak alasan saya menulis blog, salah satunya adalah untuk berbagi sekaligus mengikat ilmu yang selama ini saya pelajari. Untuk alasan lengkapnya, silakan Anda baca pada posting berikut. Ya, saya merasa telah mendapat manfaat yang banyak dari berbagai hal yang pernah saya pelajari dan diajari oleh guru-guru terbaik. Saya berpikir mungkin hal yang sama akan bermanfaat pula bagi banyak orang.
Blog ini berjudul Explore Your Self. Nama yang dipilih untuk mengajak saya dan Anda pembaca semua melakukan eksplorasi di dalam diri. Menemukan harta berharga yang tersembunyi untuk dikeluarkan dan memberikan manfaatnya. Ibarat sebuah pohon hadir untuk memberikan buah, seorang manusia juga lahir untuk menjalani potensi dirinya, fitrah diri yang akan membawa peran penting di masyarakat.
Dengan tagline personal development tips for everyone, blog ini berusaha memberikan tips-tips praktis terkait pengembangan diri menuju pribadi yang lebih baik.

Mind Map Untuk Membuat Perencanaan Kerja

Sabtu, 19 Desember 2009

Dalam tulisan sebelumnya, saya telah menjelaskan salah satu aplikasi penggunaan Mind Mapping untuk membantu pekerjaan, antara lain:
  • Membuat perencanaan bisnis terkait penjualan, pemasaran, maupun penyusunan strategi.
  • Bagi seorang pemimpin, Mind Map sangat membantu untuk menyusun naskah pidato, ceramah ataupun materi yang akan disampaikan secara langsung kepada banyak orang.
  • Mengorganisir sebuah proyek kecil atau besar, termasuk mengorganisir pertemuan(meeting) dengan menetapkan tujuan, agenda, dan poin-poin utama yang akan dibahas.
  • Buat orang yang berhubungan dengan orang banyak, Mind Map dapat difungsikan untuk mengatur networking, menyusun daftar klien, dan pendekatan untuk masing-masing klien.
  • Membuat strategi wawancara, termasuk didalamnya menyusun aspek-aspek utama yang ingin diketahui dari seorang kandidat.
  • Menyusun rencana penelitian atau riset dan berbagai kegiatan bisnis lainnya.
Berikut ini adalah contoh Mind Map yang saya buat sendiri dalam merencanakan proses launching ebook “Speed Reading for Beginners” beserta aktivitas promosinya. Anda dapat klik gambar-gambar dalam tulisan ini untuk memperbesarnya.

Seperti biasa, Mind Map dimulai dengan judul di tengah menjelaskan tema sentral yang hendak dibahas. Saya memberi judul “Speed Reading for Beginners Promotion”.
Selanjutnya ada lima cabang utama yang menurut saya penting untuk promosi tersebut yaitu:
  • Prepare – bagaimana melakukan persiapan sebelum launching dilakukan
  • Time – kapan proses launching akan berlangsung dan berapa lama
  • Strategy – taktik dan strategi yang digunakan agar ebook ini dapat disebarkan ke sebanyak mungkin orang lewat jalur komunikasi yang tersedia
  • Result – target dari hasil yang hendak dicapai lewat proses pre-launch dan launch itu sendiri
  • Post – terkait posting-posting yang mendukung persiapan launch dan pre-launch

Persiapan

Speed Reading for Beginners Promotion - PrepareJika kita lihat pada cabang pertama yaitu Prepare, saya membuat beberapa item yang harus dipersiapkan yaitu:
  • Membuat form. Form ini berguna bagi calon subscriber untuk mendaftarkan diri baik lewat website ataupun langsung dari posting saya di Social Media dan email. Form ini nantinya akan dikembangkan lebih jauh untuk meningkatkan efektivitasnya lewatSqueeze Page – yakni halaman khusus yang mengarahkan lalu lintas browsing ke satu tempat untuk mendaftar. Saya memberikan gambar dua buah kotak dengan tanda panahnya untuk mengingatkan kata kunci tersebut.
  • Membuat draft email. Saya perlu mempersiapkan teks email yang akan dikirimkan ke beberapa milis termasuk kepada subscriber yang sudah ada.
  • Membuat Posting. Agar proses Pre-Launch berlangsung dengan baik, maka perlu dibuat serangkaian posting yang membuat minat pembaca semakin tinggi terhadap buku yang akan diluncurkan.
  • Mengambil beberapa kutipan. Beberapa bagian dari buku dicuplik untuk disampaikan kepada para pembaca sekaligus memberikan gambaran bagaimana buku asli nantinya.

Waktu

Speed Reading for Beginners Promotion - TimeBagian ini cukup sederhana, saya menetapkan dua tanggal yaitu 30 Juli 2009 sebagai launching kepada seluruh subscriber. Proses ini akan terus berlangsung sampai tanggal 6 Agustus 2009 dapat diakses langsung oleh pengunjung umum tanpa harus mendaftar terlebih dahulu.

Strategi

Speed Reading for Beginners Promotion - StrategyBagian ini paling luas karena saya merancang strategi promosi dengan menggunakan berbagai jalur yang bisa dimanfaatkan sekaligus menciptakan traffic yang tinggi yaitu:
  • Email – Saya memiliki beberapa sahabat yang juga blogger dan meminta bantuan mereka untuk ikut mempromosikan buku ini baik sebagai posting di blog masing-masing, maupun sebagai review yang akan dimasukkan ke dalam buku sehingga berfungsi sebagai testimonial atau endorsement.
  • Lewat email saya juga meminta bantuan beberapa sahabat yang memiliki pengaruh luas untuk meneruskannya kepada teman-teman yang lain.
  • Kepada para subscriber yang sudah ada di blog ini saya mengirimkan beberapa email dan posting sekaligus mengajak mereka ikut sharing kepada calon pembaca lainnya.
  • Terakhir adalah memanfaatkan milis terutama yang berhubungan dengan kegiatan membaca, klub buku dan sejenisnya. Dapat dipastikan orang-orang di dalamnya adalah anggota yang tertarik untuk belajar Membaca Cepat seperti ditawarkan dalam buku yang dibuat.
  • Posting – Ada beberapa strategi posting yang dipersiapkan mulai dari audio (podcasting), video blog, sekaligus posting regular berupa tulisan dan gambar yang menceritakan sebagian isi buku termasuk fitu-fitur dan keunikan di dalamnya.
  • Grup – yakni memanfaatkan grup untuk memperluas jangkauan penyebaran buku. Hal ini dilakukan lewat social media Facebook lewat pembuatan badge, fans page, grup maupun event. Selanjutnya adalah membuat forum yang dapat diakses oleh siapa saja untuk memperbincangkan topik tersebut. Terakhir adalah membuat mailing list yang membahas topik membaca cepat.
  • Iklan – Iklan termasuk dalam strategi promosi di mana saya membuat iklan di Facebook dengan menetapkan segmentasi pembaca tertentu yang memiliki minat di bidang pendidikan, pelatihan, serta senang membaca. Target market ini berjumlah sekitar 600 ribu orang dari tiga negara: Indonesia, Malaysia dan Singapura karena buku yang dibuat berbahasa Indonesia.

Hasil

Speed Reading for Beginners Promotion - ResultCabang utama berikutnya adalah target hasil yang didapatkan dari kegiatan Pre-Launch dan Launch. Dari Facebook saya menargetkan setidaknya 100 orang teman saya akan ikut serta, ditambah 100 orang tambahan dari orang lain yang ikut membaca Notes saya yangdishare oleh orang lain. Sedangkan dari iklan saya menargetkan pembaca baru 500 orang.
Adapun target dari kurang lebih 10 milis diharapkan masing-masing bisa menarik 100 calon pembaca baru dengan total 1000 orang.

Posting

Speed Reading for Beginners Promotion - PostBagian ini sebenarnya merupakan lanjutan dari sub cabang Post pada cabang persiapan. Karena tempatnya tidak cukup dan perlu dieksplorasi lebih jauh saya membuatnya sebagai cabang tersendiri.
Pasca launching akan dilanjutkan dengan serangkaian follow-up email untuk mengingatkan pembaca mendownload buku tersebut, memberikan komentar, sekaligus sharing hasil tes kemampuan baca cepatnya. Pasca launching ini juga akan dibuat squeeze page yang dioptimasi secara khusus menggunakan Search Engine Optimization (SEO) sekaligus dibuatkan video dan halaman perbandingannya untuk melakukan Split Test.
Terakhir adalah dengan membuat forum yang membahas topik Speed Reading sehingga para pembaca bisa saling berdiskusi, bertukar informasi sekaligus saling belajar satu sama lain.

Penutup

Dari contoh di atas, Anda dapat melihat bagaimana Mind Mapping sangat baik digunakan untuk membuat sebuah perencanaan. Dalam kasus ini, Mind Map dapat membantu munculnya ide-ide baru, mirip ketika kita melakukan brainstorming. Untuk membuat Mind Map seperti ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit. Selebihnya Mind Map ini terus saya jadikan panduan untuk aktivitas yang akan dilakukan sambil menambahkan detailnya di sana sini.
Insya Allah pada kesempatan berikutnya saya akan menunjukkan penggunaan Mind Map untuk berbagai aktivitas lain.
Semoga bermanfaat.
Ikon ini merupakan link ke situs bookmark sosial dimana pembaca dapat berbagi dan menemukan halaman web baru.
  • Digg
  • Sphinn
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar