selamat datang di blog ini gohardline.blogspot.com "explore your self" mencoba menggali potensi diri anda melalui blog ini selamat menikmati semoga bermanfaat. [di support dari beberapa blog yang ada]....contact me : 085723036693

Tentang Blog ini

Ada banyak alasan saya menulis blog, salah satunya adalah untuk berbagi sekaligus mengikat ilmu yang selama ini saya pelajari. Untuk alasan lengkapnya, silakan Anda baca pada posting berikut. Ya, saya merasa telah mendapat manfaat yang banyak dari berbagai hal yang pernah saya pelajari dan diajari oleh guru-guru terbaik. Saya berpikir mungkin hal yang sama akan bermanfaat pula bagi banyak orang.
Blog ini berjudul Explore Your Self. Nama yang dipilih untuk mengajak saya dan Anda pembaca semua melakukan eksplorasi di dalam diri. Menemukan harta berharga yang tersembunyi untuk dikeluarkan dan memberikan manfaatnya. Ibarat sebuah pohon hadir untuk memberikan buah, seorang manusia juga lahir untuk menjalani potensi dirinya, fitrah diri yang akan membawa peran penting di masyarakat.
Dengan tagline personal development tips for everyone, blog ini berusaha memberikan tips-tips praktis terkait pengembangan diri menuju pribadi yang lebih baik.

Membuka Khazanah Diri Lewat Blogging

Sabtu, 19 Desember 2009

Setiap orang terlahir dengan kelebihan dan kekurangan. Setiap orang juga membawa tugas khusus yang unik. Karenanya, tiap orang juga memiliki khazanah yang khas milik dirinya. Khazanah ini akan berbeda antara orang yang satu dengan yang lain.
Lantas apa hubungan dengan khazanah ini dengan kegiatan blogging?
Jika Anda membaca tulisan sebelumnya, diantara beberapa alasan saya menekuni kegiatan blogging adalah untuk sharing pengetahuan dan kecintaan saya terhadap dunia penulisan. Terus terang pada awalnya saya ragu apakah nanti bisa menulis hal-hal baru secara rutin. Sempat terpikir apa yang terjadi kalau kehabisan ide? Bagaimana kalau tulisannya tidak bagus dan terkesan dipaksakan? Namun Alhamdulillah ternyata hal tersebut sampai sekarang tidak terjadi.
Adapun yang saya rasakan dengan kegiatan blogging ini adalah mulai terungkap beberapa khazanah yang saya miliki. Sebagai contoh saya belajar Speed Reading secara otodidak sejak 10 tahun lalu untuk keperluan pribadi agar menjadi pembaca yang cepat dan efektif. Lama kelamaan saya merasa pengetahuan tersebut juga akan bermanfaat buat orang lain. Ini saya sadari dari respon para peserta yang ikut dalam pelatihan Speed Reading yang pernah beberapa kali saya berikan.
Awalnya saya berpikir hanya akan mampu menulis 2-3 artikel saja tentang topik tersebut diantaranya yang paling awal adalah Speed Reading – How Fast Can You Read?Ternyata sampai hari ini saya telah menulis belasan artikel tentang Membaca Cepat. Bahkan “gara-gara” kumpulan artikel tersebut akhirnya bisa terbit sebuah buku yang menjadi hadiah buat seluruh pengunjung blog ini. Terus terang ini tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Insya Allah dalam kesempatan lain saya akan menceritakan bagaimana proses penulisan buku tersebut dilakukan dengan waktu yang terbatas.

Contoh lain adalah saya pengguna aktif Mind Mapping. Setiap kali mencatat hampir selalu saya menggunakannya. Awalnya saya merasa hal tersebut adalah sesuatu yang sederhana. Namun setelah menulis artikel tentang Teknik Mencatat Kreatif Dengan Mind Mapping, saya mulai terpikir bahwa banyak aplikasi dari Mind Map yang telah saya gunakan dan bisa saya ceritakan atau tuliskan untuk memberi manfaat kepada orang lain.
Itu adalah dua contoh yang paling dekat, masih banyak contoh lainnya seperti:
Artinya semakin banyak kita menulis maka semakin berkembang ide-ide yang ada. Semuanya saling sambung menyambung membuat satu kesatuan. Pelan-pelan kita akan bisa mengeluarkan beberapa khazanah keterampilan pribadi yang Allah mudahkan untuk dikuasai dan dibagi kepada orang lain. Terus terang hal ini baru saya sadari setelah mulai aktif kembali menggali potensi diri yang selama ini tertutupi dan tidak punya wadah untuk disalurkan. Dengan blogging, saya merasa berkewajiban menulis secara teratur dan konsisten dari waktu ke waktu. Jika dulu saya perlu menghabiskan waktu sampai dua minggu untuk sebuah tulisan, kini jika saya punya waktu luang setengah sampai satu jam maka satu tulisan bisa diselesaikan.
Karena itu jika saya boleh menyarankan, mulailah menuliskan apa-apa yang Anda miliki. Tulisan dapat berupa buah pemikiran atau perasaan. Anda bisa mengeksplorasi keahlian atau keterampilan unik yang Anda miliki. Mulailah melakukan penggalian terhadap harta terpendam yang ada di diri masing-masing. Seperti yang pernah saya jadikan tag line untuk blog ini yaitu: Explore Your Self – Kenali diri, gali potensi, untuk berbakti.
Semoga tulisan ini membawa pencerahan buat Anda dan saya untuk menemukan khazanah diri kita. Selamat menggali potensi diri dan berkarya untuk bangsa.
Silakan berbagi pendapat di kolom komentar.
Ikon ini merupakan link ke situs bookmark sosial dimana pembaca dapat berbagi dan menemukan halaman web baru.
  • Digg
  • Sphinn
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar