selamat datang di blog ini gohardline.blogspot.com "explore your self" mencoba menggali potensi diri anda melalui blog ini selamat menikmati semoga bermanfaat. [di support dari beberapa blog yang ada]....contact me : 085723036693

Tentang Blog ini

Ada banyak alasan saya menulis blog, salah satunya adalah untuk berbagi sekaligus mengikat ilmu yang selama ini saya pelajari. Untuk alasan lengkapnya, silakan Anda baca pada posting berikut. Ya, saya merasa telah mendapat manfaat yang banyak dari berbagai hal yang pernah saya pelajari dan diajari oleh guru-guru terbaik. Saya berpikir mungkin hal yang sama akan bermanfaat pula bagi banyak orang.
Blog ini berjudul Explore Your Self. Nama yang dipilih untuk mengajak saya dan Anda pembaca semua melakukan eksplorasi di dalam diri. Menemukan harta berharga yang tersembunyi untuk dikeluarkan dan memberikan manfaatnya. Ibarat sebuah pohon hadir untuk memberikan buah, seorang manusia juga lahir untuk menjalani potensi dirinya, fitrah diri yang akan membawa peran penting di masyarakat.
Dengan tagline personal development tips for everyone, blog ini berusaha memberikan tips-tips praktis terkait pengembangan diri menuju pribadi yang lebih baik.

Belajar Mind Map dari Ahlinya

Sabtu, 19 Desember 2009

Hari Sabtu, 5 September 2009 yang lalu, akhirnya saya bertemu dengan PakDjohan Yogapakar Mind Map Indonesia yang sekaligus menjadi Mind Map Certified Instructor for Asia untuk bidang pendidikan. Sebelumnya saya dan Pak Djo – sapaan akrab beliau – sempat berkorespondensi beberapa kali lewat email. Dengan profilnya yang rendah hati, pembicaraan kami berlangsung hangat layaknya sahabat yang lama tak berjumpa. Tugas Pak Djohan sebagai trainer yang merupakan profesi saya sebelumnya membuat kami gampang akrab dan saling berbagi satu sama lain.
Saat ini Pak Djo sedang sibuk berkeliling berbagai kota di Indonesia guna mempopulerkan Mind Map di kalangan guru dan pelajar. Beliau melatih para guru bagaimana menggunakan Mind Map di depan kelas untuk menjelaskan pelajaran agar mudah dipahami para siswa. Sementara bagi siswa sendiri aplikasi Mind Map sangat berguna untuk mencatat pelajaran dan memudahkan siswa memahami materi pelajaran sekaligus mengingatnya kembali ketika diperlukan. Dan hari itu, beliau memberikan pengantar Mind Map kepada para siswa dan orangtua.

Akhirnya, saya yang selama ini belajar otodidak dan membuat Mind Map berdasarkan pemahaman pribadi akhirnya berkesempatan belajar langsung dari ahlinya. Agar tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, saya pun langsung mencatat apa-apa yang disampaikan Pak Djo dalam sebuah catatan Mind Map tentunya. Dan inilah catatan saya.
Anda dapat klik gambar tersebut untuk versi detailnya.

intro-to-mind-map
Seperti yang Anda lihat dari catatan tersebut, Mind Map dapat digunakan untuk mencatat sebuah presentasi, materi kuliah, pidato, atau ceramah yang disampaikan seorang pembicara. Dengan membuat Mind Map, kita akan mendapatkan gambaran lengkap dari seluruh hal yang dibicarakan sekaligus melihat hubungannya satu sama lain.
Sebelum membuat Mind Map model seperti ini, ada baiknya kita mengetahui topik utama yang akan dibicarakan dan menjadikannya judul catatan tersebut. Selanjutnya adalah menentukan cabang-cabang utama yang dikenal dengan sebutan Basic Ordering Ideas (BOIs) yang kemudian bersambung ke cabang-cabang pendukung. Lantas, bagaimana saya bisa menentukan beberapa cabang utama padahal belum tahu apa yang akan disampaikan pembicara selanjutnya?
Cara yang saya lakukan adalah mencoba melihat gambaran besar sambil mendengarkan penjelasan yang diberikan. Jika Anda perhatikan catatan di atas, saya membuat sebuah cabang utama dengan nama BACKGROUND karena pembicara menjelaskan latar belakang Mind Mapping. Pada bagian ini dijelaskan mulai dari revolusi Industri sampai revolusi di dunia pembelajaran sehingga ditemukannya teknik Mind Mapping. Selanjutnya kita bisa membuat cabang-cabang pendukung yang lebih detail sampai kita menyadari bahwa pembicara telah berpindah ke topik berikutnya.
Memang membuat Mind Map langsung dari sebuah pembicaraan tidak mudah karena butuh waktu dan kecepatan untuk menuliskannya. Untuk itu Anda dapat membuat draft Mind Map terlebih dahulu untuk kemudian memperbaikinya setelah sesi penjelasan selesai dan Anda memiliki pemahaman lebih lengkap atas topik yang dibahas.
Jika Anda perhatikan pada Mind Map yang saya buat ini, maka terlihat ada 6 cabang utama. Walaupun demikian, karena saya sedang mencatat sebuah sesi sharing, maka ada beberapa cabang yang mestinya bisa masuk dalam sub cabang. Proses memperbaiki inilah yang perlu Anda lakukan jika memiliki kesempatan setelah acara untuk menyempurnakannya.
Menggunakan Mind Map untuk mencatat sebuah materi yang disampaikan akan sangat membantu untuk memahami suatu persoalan yang dibahas. Sebab Anda tidak akan dapat membuat Mind Map jika tidak memahami hal-hal yang ingin dicatat. Ketika Anda berhasil membuat Mind Map, maka sebenarnya Anda telah mendapat gambaran lengkap tentang topik yang dijelaskan.
Ikon ini merupakan link ke situs bookmark sosial dimana pembaca dapat berbagi dan menemukan halaman web baru.
  • Digg
  • Sphinn
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar